Senin, 30 Maret 2009

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMA NEGERI 1

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : XI/1

Standar Kompetensi : Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar : Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah.

Indikator :

  • Mendefinisikan pengertian peluang.

  • Menentukan banyaknya kejadian suatu peristiwa, notasi faktorial, permutasi dengan semua unsur berbeda, permutasi dengan sebagian unsur yang berbeda, permutasi dengan beberapa unsur yang sama, permutasi siklis, nilai kombinasi.

  • Mengetahui makna pencacahan.

Alokasi Waktu : 6x45’


A. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat mendefinisikan pengertian peluang.

  • Siswa dapat menentukan banyaknya kejadian suatu peristiwa, notasi faktorial, permutasi dengan semua unsur berbeda, permutasi dengan sebagian unsur yang berbeda, permutasi dengan beberapa unsur yang sama, permutasi siklis, nilai kombinasi.

  • Siswa dapat mengetahui makna pencacahan.

B. MATERI PEMBELAJARAN

Peluang: Aturan perkalian, permutasi, kombinasi.


C. METODE PEMBELAJARAN

Ceramah, Tanya Jawab, dan Penugasan.

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan I

  1. Kegiatan Awal

  • Melalui metode Tanya jawab Guru mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari.

  • Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

  1. Kegiatan Inti

  • Guru membimbing siswa untuk memperjelas pengertian peluang.

  • Guru menuliskan persamaan-persamaan yang terdapat dalam peluang (aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi).

  • Guru memberikan contoh soal.

  • Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengerjakan soal

  • Guru membahas contoh soal.

  1. Kegiatan Akhir (Penutup)

  • Siswa dipandu untuk membuat rangkuman

  • Guru mengevaluasi proses belajar mengajar

  • Guru memberikan tugas rumah/PR

  • Guru menyampaikan materi yang akan datang.

Pertemuan II
  1. Kegiatan Awal

  • Dengan metode tanya jawab guru mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya: melempar uang logam.

  • Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini.

  1. Kegiatan Inti

  • Guru mengulas kembali materi pada pertemuan I,

  • Siswa diminta menjawab pertanyaan tentang banyaknya kemungkinan hasil percobaan tersebut,

  • Guru memberi contoh tentang peluang dalam kehidupan,

  • Siswa menerapkan rumus aturan perkalian, permutasi dan kombinasi untuk menyelesaikan soal, dan

  • Siswa menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.

  1. Kegiatan Akhir (Penutup)

  • Pemberian tugas/PR

  • Guru menyampaikan materi yang akan datang.

Pertemuan III
  1. Kegiatan Awal

    • Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran ini

    • Dengan metode Tanya jawab Guru mengingatkan kembali tentang peluang dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari

  2. Kegiatan Inti

    • Guru mengulas kembali materi-materi pada pertemuan I dan II

    • Guru memberikan soal-soal latihan

    • Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengerjakan soal latihan

    • Guru membahas soal latihan

  3. Kegiatan Akhir (Penutup)

    • Siswa dipandu untuk membuat rangkuman

    • Guru memberikan tugas rumah/PR

    • Guru menyampaikan materi yang akan datang

E. SUMBER BELAJAR

Buku sumber :

  1. Noormandiri, B.K.2007.Matematika untuk SMA kelas XI Program Ilmu Alam.Erlangga:Jakarta.

  2. Sulistiyono, dkk.2006.Matematika SMA dan MA 2A.ESIS(Erlangga):Jakarta.

  3. Ari Y. Rosihan, Indriyastuti.2007.Khazanah Matematika 2.Tiga Serangkai:Solo.

  4. Tim Penyusun.2004.PR Matematika 2A.Intan Pariwara:Klaten.

Sumber lain : Internet

F. PENILAIAN

  • Teknik : Tes tertulis

  • Buntuk Instrumen : Uraian/Essay

  • Instrumen : Terlampir


Lampiran

Contoh soal :

  1. Pada saat diadakan pemilihan ketua dan sekretaris kelas, ada 3 calon untuk ketua kelas dan ada 5 calon untuk sekretaris kelas. Berapa banyak pasangan ketua dan sekretaris yang mungkin terpilih?

  2. Berapa banyak bilangan yang terdiri dari 4 angka yang dapat disusun dari angka-angka 0, 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 tanpa pengulangan?

  3. Hitunglah 6P3!

  4. Hitunglah 5C3 !

Malang,...… Maret 2009

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran




Drs. Yopinus Pipit, M.Pd Iliana Rachmawatty, S.Pd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar